Cara Mengajarkan Anak Untuk Menghapal 6 Rukun Iman

  • Whatsapp

Sering kali kita mendengar kata, “Anak adalah investasi dunia dan akhirat’. Kata-kata tersebut memang benar, anak adalah anugrah terindah yang Allah titipkan kepada kita untuk dirawat, dijaga, dididik, dan dibesarkan dengan baik. Seiring perkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi membuat sebagian besar anak-anak mulai kehilangan minat untuk mempelajari lebih dalam mengenai agama. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak dapat mengetahui arah tujuan hidup yang baik yaitu berbakti kepada orangtua dan menjalankan perintah Allah SWT. Sebagai orangtua juga kita perlu memahami lebih dalam perkembangan zaman serta menyesuaikanya dengan apa yang anak kita alami. Salah satu yang wajib diajarkan kepada anak-anak kita adalah 6 Rukun Iman yang menandakan kesaksian seorang umat muslim.

Read More

Jika teknologi sudah tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan si kecil, maka kita sebagai orang tua tidak perlu menjauhi teknologi untuk mengajarkan kepada mereka. Pemanfaatan gadget dengan media platform lainnya berguna untuk membantu anak-anak dalam memahami pelajaran yang mereka sukai. Hal ini dikarenakan mereka hidup berdampingan dengan teknologi sejak sebelum mereka dilahirkan, dengan kata lain generasi sekarang sangat bergantung pada kemajuan teknologi. Tapi anda tidak perlu cemas, berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mengajarkan anak menghapal 6 Rukun Iman.

Yang perlu diketahui tentang rukun iman:

  1. Iman Kepada Allah
  2. Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah
  3. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
  4. man Kepada Nabi dan Rasul Allah
  5. Iman Kepada Hari Akhir
  6. Iman Kepada Qada dan Qadar

Cara Mengajarkannya Kepada Anak-Anak

1. Menjelaskan Iman Kepada Allah

Sesekali ajak anak anda melihat keindahan alam secara langsung kemudian memotretnya dengan kamera. Tunjukkan bahwa kuasa Allah itu nyata, segala sesuatu yang ada dibumi ini milik-Nya. Anak akan memahami makna tentang ke Esaan Allah tanpa menjauhkannya dari gadget.

2. Mengajarkan Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah

Jelaskan kepada anak bahwa para malaikat diutus oleh Allah untuk menjalankan tugas tertentu. Biasanya ada beberapa lirik lagu tentang para malaikat yang dapat anda temui melalui media platform online seperti Youtube. Animasi-animasi ini juga biasanya mengundang anak-anak untuk tertarik menghapal nama-nama malaikat.

3. Mengajaran Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Menjelaskan kitab-kitab Allah harus dikaitkan dengan kisah para Nabi dan Rasul karena ada hubungannya dengan siapa Rasul yang membawa, bagaimana perjuangannya, dan sebagiannya. Anak-anak seusia dini sangat tertarik kisah-kisah superhero yang dianggap keren, disini kita sebagai orangtua dapat mengganti kisah superhero tersebut dengan perjuangan para Rasul dalam menyebarkan Islam melalui kitab-kitab Allah. Baik dengan cara tontonan animasi ataupun menceritakan secara langsung. Ini dapat membangun hubungan baik dengan anak lebih mendalam.

4. Mengajarkan Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah

Diantara banyak kisah didunia tidak ada kisah yang mengharukan, nyata, dan penuh kekaguman dari kisah perjuangan para Nabi dan Rasul Allah SWT. Ada banyak cara menanamkan rasa cinta anak kepada para Nabi dan Rasul seperti membaca buku bergambar anak-anak atau menonton video animasi.

5. Mengajarkan Iman Kepada Hari Akhir

Meskipun menyeramkan kita tetap harus menjelaskan bagaimana bumi akan berakhir, amalan apa yang harus dipersiapkan, dan sebagiannya. Anda dapat membuatnya semenarik mungkin melalui kisah-kisah yang ada disekitar.

6. Mengajarkan Iman Kepada Qada dan Qadar

Menanamkan pengetahuan bahwa adanya takdir yang dapat diubah dan tidak dapat diubah kepada anak guna menunjukkan bahwa seseorang nasibnya akan berubah jika dia berusaha. Anak akan berfikir jika dia ingin menjadi sosok yang hebat maka dia akan berusaha semaksimal mungkin.

Itulah cara-cara yang dapat kita terapkan untuk mengajarkan anak cinta dengan Islam dan tahu apa saja hukum, kewajiban, dan larangan yang Allah berikan. Orangtua adalah kunci utama kesuksesan anak-anaknya.

Sumber tambahan:

https://www.suara.com/news/2021/06/22/083000/rukun-iman-dan-rukun-islam-yang-wajib-diketahui-umat-muslim?page=all

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *