Jangan Panik Ketika Anak Sakit di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Sebagai orang tua, ketika si kecil sudah menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, atau pilek, rasanya ingin langsung berjumpa dengan dokter anak untuk mengobati si kecil sekaligus memperoleh manfaat asuransi rawat jalan yang dimiliki. Namun, di masa pandemi seperti ini, sebaiknya Anda melakukan observasi di rumah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ke rumah sakit. Berikut adalah beberapa tahapan observasi mandiri yang bisa Anda terapkan pada anak:

Read More

  • Perhatikan Asupan Cairan

Jika si kecil sedang demam atau batuk dan pilek, hal utama yang harus diperhatikan adalah asupan cairan. Misalkan saat batuk, tetap perhatikan asupan cairan anak agar dahaknya lebih mudah cair dan bisa dikeluarkan.

  • Jaga Suhu Ruangan

Tingkat kelembapan udara dalam ruangan punya dampak langsung terhadap kesehatan anak. Untuk itu, Anda harus memastikan udara ruangan tetap hangat dan lembap agar anak bisa bernafas dengan lega.

  • Berjemur

Andaikan si kecil pilek tanpa demam, Anda bisa mengajaknya untuk berjemur di bawah matahari pagi untuk membantu proses penyembuhan.

  • Bantu Legakan Hidung Tersumbat

Si kecil sedang mengalami hidung tersumbat? Anda bisa membantu melegakan hidung tersumbatnya dengan cara menyemprot dengan garam steril, menyedot dengan pipet khusus anak, dan memberikan balsam bayi.

  • Kompres Ketika Demam

Jika demam menyerang, Anda bisa kompres bagian dahi dan lipatan badan (seperti ketiak) si kecil dengan air hangat. Jika demam anak tidak turun setelah Anda mengompres selama beberapa jam, barulah hubungi dokter anak untuk konsultasi langsung.

Itu dia beberapa observasi mandiri yang perlu Anda lakukan sebelum membawa anak ke dokter. Jika semua tahapan di atas sudah Anda lakukan namun belum ada perubahan pada anak, bawalah anak ke dokter atau rumah sakit untuk mendapat perawatan lanjut.

Meski begitu, jangan lupa untuk memilih klinik atau rumah sakit yang punya aturan ketat semasa pandemi, memakaikan masker dan face shield pada anak, menjaga jarak Anda dan anak dari pasien atau pengunjung lain, membawa hand sanitizer dan cairan disinfektan, kemudian menghindari kunjungan di jam sibuk. Pun setelah kembali ke rumah, jangan lupa langsung memisahkan pakaian yang dikenakan untuk dicuci dan mandi yang bersih.

Anak sakit memang mengkhawatirkan perasaan Anda. Namun, ingatlah untuk tidak panik dan terapkan satu per satu tips di atas. Semoga si kecil bisa lekas sembuh dan Anda beserta keluarga tetap sehat selalu di masa pandemi ini, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *