Kekurangan dan Kelebihan Material Woodplank Pada Kategori Bahan Konstruksi Di Padi Umkm

  • Whatsapp

Woodplank merupakan bahan konstruksi di konstruksi bangunan dengan finishing menyerupai kayu yang dibuat dari bahan campuran semen. Woodplank dapat digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi bangunan, misalnya untuk plafon, lisplang, partisi, ataupun pagar. Selain itu, woodplank juga bisa difungsikan sebagai dekorasi pada bagian interior di konstruksi bangunan karena dapat memberikan kesan natural layaknya kayu.

Read More

Salah satu kelebihan dari woodplank adalah daya tahannya. Berbeda dengan kayu asli, material woodplank memiliki ketahanan yang lebih baik untuk konstruksi bangunan. Pertama, woodplank tidak mudah terbakar sehingga dapat meminimalisir risiko kebakaran. Bahkan, material yang satu ini pun tahan terhadap serangan rayap karena bahan utamanya semen sehingga kamu bisa meminimalisir biaya perbaikan yang diakibatkan oleh kerusakan.

Woodplank juga memiliki tampilan estetik dan tersedia dalam berbagai macam motif sehingga sangat cocok diadopsi untuk menambah elemen natural di dalam konstruksi bangunan. Untuk memaksimalkan penampilannya, woodplank juga bisa kamu lapisi cat berbahan dasar air sehingga hasil akhirnya lebih sesuai dengan konsep konstruksi bangunan yang ingin kamu tonjolkan. Jika tertarik menggunakan woodplank pada bagian eksterior konstruksi bangunan, dapat menggunakan cat yang tahan terhadap cuaca agar lebih tahan lama.

Selain anti rayap dan tidak mudah terbakar, woodplank juga tidak dapat menyerap air sehingga konstruksi bangunan akan selalu terbebas dari lembap. Selain itu, woodplank pun tidak mudah melengkung, memuai, ataupun menyusut, bahkan cenderung mudah untuk dibersihkan karena kamu cukup mencucinya menggunakan air saja.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh woodplank adalah tidak adanya kandungan asbes yang membahayakan sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Terkait penggunaanya untuk konstruksi bangunan, woodplank juga cukup mudah diinstalasi karena kamu bisa memasangnya secara langsung pada material lain, seperti metal bahkan rangka berbahan kayu sekalipun.

Meskipun material ini memiliki banyak keunggulan, tetap harus memperhatikan kekurangan dari woodplank sebelum menggunakannya untuk konstruksi bangunan. woodplank memiliki bobot yang sangat berat sehingga harus memastikan agar rangka yang digunakan dapat menopangnya dengan prima. Selain itu, kamu pun sebaiknya memakai jasa tukang profesional agar bisa memasang woodplank secara presisi.

Kekurangan lain dari woodplank adalah tidak tahan terhadap benturan yang diakibatkan oleh benda berat. Selain itu, juga harus menjauhkan woodplank dari benda tajam karena material ini tergolong rentan terhadap goresan sehingga akan mengganggu penampilannya untuk konstruksi bangunan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *