Mengungkap Fakta Dibalik Efektivitas Masker Kain Dari Pandemik Covid 19

Di tengah merebaknya wadah covid 19, pemerintah lakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran. Mulai dari PSBB, social distancing, isolasi mandiri, hingga anjuran penggunaan masker bahan kain untuk masyarakat umum. Berkaitan dengan masker, banyak pertanyaan muncul akan keputusan tersebut. Salah satunya adalah seberapa efektif masker kain ini? Untuk jawab pertanyaan tersebut, simak fakta menarik dari efektivitas masker bahan kain ini.

alodokter.com

Tidak Seefektif Masker Bedah Namun Tetap Dianjurkan

Perlu Anda ketahui bahwa masker bahan kain memang tidak seefektif masker bedah, N95, atau N90 yang dikhususkan untuk tenaga medis. Secara teknis masker ini memang tidak sebaik mereka, namun virus corona tidak hanya ditularkan melalui udara tapi juga droplet atau percikan cairan tubuh. Seperti dari batuk ataupun bersin. Dengan pakai masker dari kain, setidaknya penanggulangan masih bisa dianggap lebih baik dari pada tidak pakai sama sekali.

Bahan Dasar Pembuatan Masker Penentu Tingkat Efektivitas

Secara gamblang, alasan masker medis lebih efektif adalah bahan yang digunakan. Masker dari bahan kain bisa saja terbuat dari kain jenis apapun. Bahkan tidak sedikit warga yang bikin masker kain dari kain perca. Faktanya, masker yang efektif harus didukung dengan bahan kain yang rapat, kuat, dan tebal. Dalam hal ini, Anda bisa temukan banyak produk yang terbuat dari kain oxford, katun, kaos katun, spandek, wlofis, hingga kain scuba.

Perlukah Masker Bahan Kain Berlapis?

Pertanyaan ini mengungkap fakta baru. Apakah masker harus dibuat berlapis? Sering kali produk masker bahan kain hadir dalam satu lapis saja, namun tidak sedikit pula yang dibuat dengan kain berlapis. Terus mana yang benar? Menurut sebuah studi, masker yang punya banyak lapisan maka semakin tinggi tingkat penyaringan. Disebut juga minimal lapisan yang direkomendasi adalah 2 lapis. Namun, perlu dipertimbangkan juga agar pernafasan Anda tidak terganggu.

Meningkatkan Daya Efektivitas Masker

Banyak sekali info cara naikkan efektivitas masker dari kain. Manakah yang benar? Perlu Anda tahu bahwa virus corona bisa menyebar dari sentuhan. Tidak ada salahnya, jika akan pakai atau lepas masker pastikan tangan dalam keadaan bersih. Selain itu ada juga ide untuk menambah tisu atau kertas saring kopi pada lapisan masker kain. Ternyata, ide ini juga layak dicoba karena keberadaan kertas saring dan juga tisu sebagai filter bisa tambah efektivitas meski sedikit.

Itulah beberapa fakta menarik dibalik efektivitas masker berbahan kain. Seiring anjuran pakai masker bahan kain keluar, alat ini cukup banyak dicari. Bahkan ada juga yang berniat untuk membuat sendiri. Berkaitan dengan efektivitas, masker ini memang tidak sebaik masker bedah tapi dirasa cukup untuk pencegahan. Jika bahan dan desain masker dibuat dengan baik, masker berbahan kain ini bisa dikatakan sebagai solusi tepat alternatif alat perlindungan virus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy