SehatQ.com Sarankan Tips Jalani Rawat Jalan di Rumah

  • Whatsapp

sehatq-com-sarankan-tips-jalani-rawat-jalan-di-rumah

Sebagian orang tidak mau menjalani rawat inap di rumah sakit karena berbagai alasan. Suasana rumah sakit yang membosankan sering jadi alasan orang enggan melakukan rawat inap, meskipun ia mengalami kondisi penyakit yang serius. Kalau Anda masuk kategori pasien yang memilih rawat jalan di rumah, pastikan mengikuti anjuran medis SehatQ.com, ya! Anda tetap wajib mengkonsumsi obat, makan rutin dan bergizi, melakukan kontrol ke dokter, dan lain-lain.

Read More

5 hal yang harus diperhatikan pasien rawat jalan

Saat Anda memilih melakukan rawat jalan di rumah saja, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang bisa mendukung proses penyembuhan lebih cepat. Berikut 5 hal yang harus Anda lakukan saat menjadi pasien rawat jalan :

1. Jujur

Anda perlu bersikap jujur kepada dokter terkait kebiasaan buruk yang mungkin menjadi pemicu penyakit fisik. Misalnya pola makan yang tidak sehat, olahraga, jam tidur tidak teratur, hubungan seksual, konsumsi obat atau alkohol, dan lain-lain. Ketidakjujuran Anda bisa membuat penyakit yang diderita semakin parah. Penanganan dokter berdasarkan informasi terbuka yang Anda berikan, lho!

2. Mencatat setiap perkembangan kesehatan

Rawat jalan mewajibkan Anda untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Anda wajib mencatat perkembangan kesehatan setiap waktu agar bisa mendukung proses penyembuhan secara maksimal.

Catatan yang harus Anda tunjukkan pada dokter antara lain gejala, reaksi obat, keluhan atau kondisi terkini terkait proses penanganan selama rawat jalan di rumah. Catatan perkembangan pola makan, gaya hidup atau aktivitas fisik sangat diperlukan untuk mendukung kesembuhan Anda.

3. Mengikuti anjuran dokter

Dokter akan memberikan resep obat dan anjuran positif yang bisa membantu proses penyembuhan rawat jalan Anda. Jika tidak ada perkembangan kondisi yang lebih baik, kemungkinan Anda abai terhadap aturan yang telah ditetapkan dokter. Anda wajib konsultasi dan mematuhi kemungkinan anjuran rawat inap di rumah sakit. Pilih daftar rumah sakit yang terdekat dengan domisili untuk efisiensi waktu dan biaya, ya!

4. Minum obat sesuai dengan resep dokter

Mungkin Anda tertarik untuk menggunakan metode penyembuhan herbal. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang lebih kredibel sebelum Anda mengkonsumsi obat dari resep medis dan herbal sekaligus. Risiko komplikasi penyakit bisa terjadi dan berdampak pada kesehatan Anda semakin memburuk.

Sebaiknya konsumsi obat dari dokter sesuai resep yang tertera. Nantinya reaksi obat bisa Anda ungkapkan pada dokter agar bisa melakukan penanganan lebih lanjut. Dokter akan memutuskan untuk mengurangi dosis obat, mengubah obat yang diberikan atau menghentikan pemakaian obat tersebut. Jika keluhan Anda sudah mulai hilang dan tubuh membaik, konsultasikan dengan dokter SehatQ.com sebelum memutuskan untuk menghentikan konsumsi obat.

5. Rajin melakukan kontrol ke rumah sakit

Demi memantau kondisi kesehatan Anda lebih baik, sebaiknya Anda memiliki jadwal kontrol ke dokter atau rumah sakit terkait. Bawa semua data medis yang diperlukan selama melakukan pemeriksaan rutin untuk memudahkan proses penanganan dokter. Berobat dari rumah bisa menjadi pilihan tepat asal Anda mematuhi setiap anjuran yang diberikan, ya!

Untuk memudahkan kontrol penyakit rutin ke klinik atau rumah sakit, sebaiknya Anda memanfaatkan fitur booking dokter terpercaya di SehatQ.com sekarang juga. Tidak perlu antri lama sebab Anda bisa langsung datang ke rumah sakit sesuai jadwal yang sudah disepakati. Jauh lebih praktis dan hemat biaya, bukan? Cek daftar rumah sakit yang memiliki fasilitas dan pelayanan rawat jalan yang dekat dengan rumah Anda di situs resmi SehatQ.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *